Fakta Mengenai Batik


Namanya batik, kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain. Sejatinya menjadi warisan legendaris yang dicintai para generasi muda. Meneguhkan komitmen melestarikan salah satu wastra adati terbaik yang Indonesia punya.

Sejak 2 oktober 2009 Unesco telah menetapkan batik sebaagai warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan nobendawi (masterpieces of the oral and intangible heritage of humanity). Oleh sebab itu, Indonesia memperingati Hari Batik setiap tanggal 2 oktober.

Kata batik merupakan perpaduan antara kata "amban" dan "titik" dalam bahasa Jawa. Amban berarti menulis dan titik adalah titik. Sedikit ada tiga teknik dalam pembuatan batik. Adalah teknik cap, teknik tulis dan teknik lukis.

Untuk pertama kalinya batik diperkenalkan di mata dunia oleh Presiden kedua Indonesia, yakni Presiden Soeharto. Kala itu, ia menggunakannya saat menghadiri Konfrensi PBB.

Batik menjadi salah satu penymbang devisa negara terbesar. Pada tahun 2016 lalu saja, total nilak ekspor kain batik ke luar negri mencapai Rp 9,92 triliun dengan kurs Rp. 13.436/dolar AS. Negara tujuan ekspor paling besar adalah Amerika Srikat, setelahnya Jerman, Jepang, dan Korea Selatan.

Batik juga mulaimenjadi fesyen  moda dunia. Salah satunya telah dipamerkan dalam ajang pemilihan ratu Internasional Miss Universe 2018.

Comments